SELAMATA DATANG DI USAHA JAMUR99

Jumat, 08 November 2013

Hal/prinsip membuat baglog jamur tiram/kuping

Hal/prinsip membuat baglog jamur tiram/kuping

            Sebelum kita mulai  bagaimana cara pembuatan baglog jamur, ada beberapa poin yang perlu di perhatikan, bagi pemula mungkin ada yang menganggap bikin log itu sulit, tapi ada juga yang mengatakan itu mudah. Memang jika kita sudah melihat bagaimana cara membuat baglog di suatu tempat produsen log itu terlihat sangat mudah, akan tetapi jika kita praktek belum tentu bisa.
            Bahkan penyakit tentang proses pembuatan baglog belum terlihat jika proses pembuatan baglog berlangsung kurang dari 1 tahun. Apalagi  jamur kuping, semakin lama kita membuat baglog jamur kuping semakin banyak penyakit baglog yang  datang, dan banyak sekali proses yang membuat baglog itu gagal atau kontaminasi.
            Pada prinsipnya, kita membuat baglog jamur itu adalah bagaimana kita bisa menekan angkat kontaminasi sampai 0%. Selain itu standar  waktu yang dibutuhkan itu standard dan bobot keluaran jamur itu standae(30% dari berat baglog). Itu adalah hal harus dipegang.
            Banyak pembikin baglog  banyak yang gagal dalam mengatur keuangan dan waktu ketika mereka mempunyai pikiran yang aneh2. Kita bisa ambil contoh, mereka ingin memaksimalkan hasil panen dari 30% menjadi 50% bahkan melebihi berat baglog. Selain itu ada juga yang berfikir ingin meminimal waktu inkubasi, standard 30-40hr muncul pinhead, menjadi kurang dari waktu standard.
            Tidak cukup sampai disitu, ada juga yang berfikir bagaimana kita bisa membikin baglog, dalam sekali bikin itu bisa dipake dalam waktu yang lama, 1 tahun misalnya. Sehingga jamur yang dihasilkan bisa melebihi berat baglog. Ada juga yang ingin membuat baglog bagaimana caranya agar selama kurang dari 2bulan bisa di putar lagi.
            Banyak sekali pikiran orang untuk memajukan budidaya jamur. Mereka ingin berkembang dan lebih maju. Dan menurut saya hal ini tidak salah bahkan saya dukung. Akan tetapi bagi pemula perlu sekali hati-hati jika ingin bertindak seperti ini. Perlu tanya dengan diri pribadi mengenai kemampuan, waktu dan yang lebih utama modal. Mungkin jika ketiga hal itu bisa mumpuni silahkan saja.
            Menurut logika saya semua keinginan pembudidaya jamur itu sangatlah wajar  di alami semua orang. Akan tetapi semua proses pembudidaya jamur semua ada rumus setiap tahapan. Dan rumus itu tidak bisa digangu gugat. Seperti ingin menambah hasil panen jamur, dapat di lakukan dengan penambahan nutrisi, dan design nutrisi yang tepat. Karena jika tidak tepat musuh KONTAMINASI akan menghadang setiap perjalanan saudara.
            Oleh karena itu, saya pun ber prinsip, membuat baglog adalah bagaimana kita bisa membuat baglog dengan standart, artinya waktu inkubasi yang standard, hasil yang standart dan yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menekan angka kegagalan menjadi 0%.
(setiap kali saya sampaikan, saya hanya menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya. Saya tidak mengajak, menyuruh dsb, niat saya hanya ingin bertukar informasi. Saya tidak bertangung jawab atas tulisan ini, akan tetapi semua ini adalahsedikit dari apa yang saya alami dalam menjalani kehidupan dunia. Bukan berarti saya itu pintar dan pandai, akan tetapi saya hanyalah makhluk tuhan dan segala kesempurnaannya adalah milikNYA, dan segala kekurangan ku adalah karena saya tidak bisa mengerti apa yang diisyaratkan pada diri saya, dan tidak bisa mengontrol unsur dalam diri saya, oleh karenanya saya mohon maaf jika membuat anda (pembaca) mempunyai tafsiran buruk, yang membuat ketidak harmonisan suasana. Mohon maaf dan salam perkenalan dari saya ROMADHIAN ARIEF P)



1 komentar: