SELAMATA DATANG DI USAHA JAMUR99

Rabu, 06 November 2013

BELI BAGLOG apa BIKIN SENDIRI


               Pertanyaan ini sangatlah sering di ajukan oleh para petani pemula pembudidaya baglog jamur, entah itu kuping apa tiram. Ada beberapa poin penting disini sebenarnya kalau kita amati, yang nanti akan kami tulis. Ada beberapa pengalaman dari berbagai cerita temen-temen saya, dan juga petani saya.
               Pada awalnya mereka membeli baglog tepat kami, kemudian setelah beberapa bulan budidaya jamur, mereka biasanya berkeinginan untuk bikin sendiri. Ingin mengetahui dan ingin membuat baglog sendiri. Waktu itu kami pun jawab apa adanya. Bukan karena saya produsen baglog terus saya menganjurkan beli, tapi saya ceritakan detail hingga orang  itu bisa berfikir sendiri.sebelumnya lihat dudu disini
               Kami akan menuliskan sedikit pengalaman dari kedua hal itu:
1.      BELI BAGLOG
Waktu orang itu tanya sedemikian rupa, kami pun akan menjelaskan dengan tegas dan mampu kami, untuk poin beli baglog ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,
Adalah PRODUSEN BAGLOG, PASAR,KUALITAS
PRODUSEN BAGLOG
Produsen Baglog tentunya kita harus bisa memilih orang yang benar benar bertanggung jawab, banyak sekali kejadian dengan sedemikian rupa banyak produsen baglog lari dari masalah ketika ada kendala dari yang beli baglog. Jangan melihat janji dan perkataan orangnya tapi lihatlah kepribadian orang itu juga. Karena disini kita bisa menyimpulkan
orang itu jujur apa tidak, bertanggung jawab apa tidak.
PASAR
Setelah kita menemukan produsen tentunya kita  juga memikirkan hasil panen nantinya. Hal yang sangggat perlu sekali adalah kita sudah punya pasar apa belum.  Jika sudah ada hal yang perlu di perhatikan juga mengenai kapasitas, semakin banyak semakin produktif . jika belum punya pasar, kembali lagi ke produsen baglog, jika mereka mau menampung tidak masalah. Tapi perlu di perhatikan juga adalah jarak antara tempat pembudidaya dengan lokasi pengepul jauh apa tidak, karena hal ini berpengaruh pada perhitungan biaya.
KUALITAS
Kualitas disini yang saya maksud adalah kualitas dari baglog itu sendiri. Produsen baglog semua mengatakan kualitas baglog mereka bagus, oleh karena itu pembuktian baglog sangat perlu sekali. Dan hal yang perlu ditanyakan adalah mengenai kuantitas panen dan waktu mencapai target panen. Misal panen 3.5ons dalam jangka waktu 2bulan setelah mulai panen dsb. Jika produsen mengatakan demikian tentunya kita bisa menganalisa kelayakan usaha jamur sebelum membeli baglog. Untuk melihat atau sedikit cara mengetahui kualitas baglog kita dapat membaca dalam artikel saya selanjutnya.

2.      BIKIN SENDIRI
Mungkin banyak dari orang yang membeli baglog dari produsen baglog, mereka penasaran dan ingin sekali berusaha bagaimana caranya mengetahui proses pembikinan baglog. Mereka menganggap membikin sendiri baglog lebih efisien di banding degan membeli baglog. Apakah benar demikian??
Jawaban ada 2 macam BENAR dan SALAH.
1. BENAR, lebih efisien bikin sendiri dibanding degan membeli baglog.
Mengapa kami katakan benar, karena biaya pembuatan baglog lebih murah dibanding degan membeli baglog. Pada intinya harga @LOG itu lebih murah dibandingkan beli. Katakanlah kalu beli @LOG 1700 dan jika bikin sendiri itu tidak lebih dari @LOG 1100. Sangat murah bukan. Akan tetapi tidak sampai disini..
2. SALAH, lebih efisien  beli dari pada bikin sendiri baglog
Saya pun tetap mengatakan lebih enak beli dari pada bikin sendiri, karena ada beberapa poin yang perlu di perhatikan.
a. biaya.
Terlihat memang dari segi biaya lebih murah bikin sediri dari pada beli, tapi perlu diperhatikan, biaya untuk membuat / peralatan untuk membuat baglog pun tidak sedikit. Ini poin yang perlu di perhitungkan. Apalagi berhubungan dengan waktu dan ketekunan saudara,
b. proses pembuatan.
Tidak berhenti sampai biaya, akan tetapi lebih ke proses pembuatan, untuk bisa membuat baglog yang bagus membutuhkan waktu yang lama. Memang terlihat  proses membuat baglog itu mudah, akan tetapi tidak semudah apa yang saudara lihat.
Yang perlu sekali di perhatikan adalah bagaimana kita bisa meminimal angka kontaminasi,  jika kita sudah berhasil maka kita bisa untuk bikin baglog sendiri.
c. pasar
poin terakhir ini adalah ketika kita bikin baglog sendiri adalah resiko pasar pun di tangung sendiri. Beda halnya dengan jika kita membeli baglog sendiri, maka resiko pasarpun bisa di tanggung ke produsen baglog.

SARAN

Jadi mungkin ini beberapa saran saya adalah, kita kuatkan pasar di imbangi dengan saat kita membeli baglog, jadi stok tidak akan habis. Selagi itu saudara berusaha belajar membuat baglog sendiri dengan cara yang paling sederhana. Dengan ketekunan dan ketelitian kita berusaha, akan tetapi kita produksi sedikit dulu sambil belajar. Akan tetapi kita juga terus membeli baglog agar pasar kita aman, dan hasil jamur stabil.

1 komentar:

  1. assalamualaikum kang mau nanya sedikit dari statement akang diatas yg seperti ini "banyak sekali kejadian dengan sedemikian rupa banyak produsen baglog lari dari masalah ketika ada kendala dari yang beli baglog" ini misalnya seperti apa? makasih

    BalasHapus